Rabu, 09 Mei 2012

Step By Step Membuat Sponge Cake





Cara melelehkan margarin/butter yang benar ;
- jangan sampai mendidih,cukup cair sebagian, biarkan yang lain cair sendiri.
- warna jangan sampai bening dikarenakan terlalu mendidih wkt mencairkan. Mengakibatkan aroma hilang, pori2 cake akan besar dan kasar.
- tuang ke adonan setelah betul betul dingin atau hangat agar tektur cake lembut dan tidak kering.

Bila akan membuat cake, siapkan semua bahan terlebih dahulu, timbang sesuai takaran dengan teliti. Langkah pertama :
* Gambar 1 : lelehkan terlebih dahulu margarin agar pada waktunya dituang sdh dingin atau hangat. 

* Gambar 2 : campur bahan kering seperti tepung dan coklat bubuk, campur jadi satu kemudian ayak agar butiran butiran kecil dan kotoran tidak membuat gumpalan pada hasil cake.
* Gambar 3,4 dan 5 : kocok telor,gula pasir, dengan speed sedang, setelah agak mengental masukkan emulsifier mixer dengan speed tinggi hingga di dapat adonan yang kental, padat, membentuk baling2 pada adonan. Kaku tetapi masih bisa jatuh perlahan. (Rata rata lama pengocokan untuk 10 btr telor dengan menggunakan mixer rumah tangga sekitar 20 menit)
* gunakan telor yang segar suhu ruangan jangan yang baru keluar dari kulkas.
* usahakan putih telor masih kental (akan mempercepat proses mixing)
* pilih emulsifier yang bagus dan cepat mengembang adalah merk Ryoto,ovalet.
* lebih bagus menggunakan gula pasir halus = gula pasir yang berbutir halus dan putih warna nya. Ini akan berpengaruh pada hasil cake. Kalo tdk ada bisa menggunakan gula pasir biasa.
* kalo tidak ada emulsifier, cake akan tetap jadi tetapi dgn pengocokkan yang lama, smp betul betul kental  adonannya
* Gambar 6 : setelah mendapatkan adonan seperti foto sebelumnya, kecilkan speed rendah tuang campuran tepung, mixer hingga rata dengan speed rendah atau aduk balik menggunakan spatula.
* Gambar 7 :  masukkan butter cair, mixer dari arah bawah ke atas atau menggunakan spatula hingga tercampur semua dengan rata. Adonan siap di tuang ke loyang.    
* Gambar 8 : tuang adonan ke loyang yang telah disiapkan dari awal. Alasi kertas roti dan olesi margarin. Untuk telor 10 butir dibutuhkan 1 loyang bulat ukuran 20cm dgn tinggi 7cm atau dengan menggunakan 2 loyang tinggi 3 cm. Masukkan dlm oven yang telah berasa panas






Ini suhu yang biasa aq pake dioven ku suhu 150 derajat untuk memanggang cake. Jangan berpedoman pada teori yang mengatakan gunakan suhu 180 derajat. Karena masing2 oven beda. Kalo pake otang pake api kira2 sedang aza setelah dipanaskan dengan api besar. Kalo oven listrik biasanya ada petunjuk misal suhu 180 derajat berapa menit, jangan langsung di tekan jumlah menit yang ada kurangi dulu bila terlihat blm matang tmbhkan lagi menitnya. Intinya kita harus memahami oven kita masing masing





 Hasil akhir setelah cake matang langsung keluarkan dari loyang agar cake tidak menyusut. U/ resep dasar sponge cake bisa dilihat di
http://arbysrumahkue.blogspot.com/2012/05/roll-black-forest.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

dilarang spam

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.