Sabtu, 29 September 2012

Pukis tape kismis




Almond Blueberry Cookies


Kukis yang lembut, renyah, prul di mulut. perpaduan dari bubuk almond yang diberi topping blueberry jam, jadi incaran konsumen tahun ini, buat diicip.



Cornflakes Cookies


Masih dengan pesanan kukis kukis di di Hari Raya Idul Fitri. Cornflakes keju yang crunchy banget tetapi tetap lembut, perpaduan cereal jagung, keju edam juga butter hollman bener bener bikin ketagihan buat nyomot terus





Butter Cookies Nenas

Butter cookies nenas, kukis sederhana tetapi mempunyai aroma butter lebih kuat dari kukis lainnya. Pemakaian kuning telornya pun lebih banyak. Dengan topping selai nenas menjadi makin cantik.
Orderan tahun lalu yang lumayan banyak juga dipesan konsumen.



Selasa, 18 September 2012

Soes isi Slaghroom


Spesial orderan , kue sus atau yang biasa di bilang choux pastry, aku buat dengan 2 warna dan rasa, satu memakai vanili satu lagi pakai pasta coklat.
isinya juga pakai vla spesial ( campuran pastry cream dengan whippy )


Adonan Sus setelah dicetak memakai piping bag dengan spuit kerang

 Kue Sus setelah matang, tinggal diisi

Hasil setelah diisi



Bahan Soes : ( +/- 50 buah uk. sedang )
500  cc    air matang
200  gr     butter
   1  sdm  gula pasir
   1  sdt   garam
   3  sdm  susu bubuk
   2  sdm  pasta coklat
   2  sdm  essence vanili
   1  sdt    kopi instant
260  gr     tepung protein sedang
   8  btr    telor ukuran sedang

Cara Membuat :
- jerang air, masukkan butter, gula, garam, susu bubuk, aduk rata sampai mendidih.
- kecilkan api, masukkan tepung, aduk rata hingga kalis dan adonan tidak menempel lagi di panci, matikan api. diamkan adonan hingga hangat
- setelah adonan hangat masukkan telor satu persatu sambil dimixer dengan kecepatan sedang hingga semua tercampur rata dan lembut
- Bagi adonan menjadi 2, satu beri ess vanili, satu lagi beri pasta coklat
- panaskan oven dengan suhu 190 derajat.
- oles loyang dengan margarin, tuang adonan coklat dan kuning dalam satu piping bag , cetak sesuai selera.
- panggang hingga matang

Bahan Slaghroom :
    1 klg    susu envaporated ( aq pake F&N )
    8 sdm  tepung custard ( larutkan dengan air secukupnya )
 200 gram gula pasir ( bisa kurang bisa lebih )
   3  btr    kuning telor ( kocok lepas )
Rhum Bakar atau Rhum Semprot Toffieco (TERGANTUNG SUKA ATAU TIDAK - BUKAN SUATU KEHARUSAN)
100 gram  whipped cream + 200 cc  air es ( kocok hingga kaku ) 

Cara membuat  :
- masak susu dan gula, aduk aduk agar tidak gosong, 
- masukkan larutan tepung custard, aduk kembali hingga mengental. matikan api
- masukkan kocokan kuning telor aduk aduk biar tercampur rata. setelah dingin beri dengan ess rhum.
- campur jadi satu whipped cream kocok dengan vla yg sudah dingin. mixer kembali hingga lembut. siap diisikan.



Selasa, 11 September 2012

Kaastengels Klasik

lagi lagi kue klasik yang selalu dipesan tiap tahunnya. Tahun ini sengaja ga buat yg murni memakai wisjman ( kecuali permintaan konsumen yang sudah setia pesan tiap tahun ) tapi tetep lembut biar adonan nya di mix. Akhirnya 20 kg kaastengels terkirim dengan sukses

Udah ga sempet mau foto kukis lagi kalo dah kerja rodi, yang inget ya pas foto di loyang. Mau nya cepet dingin, cepet dikemas, cepet diambil yg pesen, biar bersih lagi dapurnya klo mau kerja rodi lagi. heheheh

 Yang ini arsip tahun kemarin, tapi intinya sama kan, tetep kaastengels.

kaastengels model coin, tapi banyakkan suka yang string sih, kali lebih ramping ya. heheheh


Bahan  :
250  gram  Margarin Blue Band Special
100  gram  Hollman butter
150  gram  Keju Eidamer ( keju bola, parut kasar )
   3  butir   Kuning telor
600  gram  Tepung protein sedang atau rendah

Olesan  :
   1  butir   Kuning telor 
   1  tetes  Pewarna ( warna kuning telor )

Taburan  :
 50  gram   Keju cheddar ( parut kasar )
                atau bisa juga memakai kacang mede 

Cara Membuat  :
  • Campur semua bahan kukis jadi satu, mixer hingga tercampur rata. (jangan terlalu lama)
  • Tuang tepung sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu jangan terlalu kuat agar hasil tidak keras.
  • cetak sesuai bentuk yang dimau, oven menggunakan suhu 14o derajat, hingga setengah matang, keluarkan dari oven olesi dengan kuning telor, taburi keju, oven kembali hingga matang    

Nastar Klasik



Pastinya ini kukis tidak asing lagi di lidah semua orang, kukis yang harus ada di meja kayaknya nih kalau tiap Lebaran. Tahun ini sengaja aku gak terima banyak macam kukis, cuma 4 macam aja yang aku buat (maklum asistennya cuma 10 jari). Alhamdulillah biar sedikit kerja rodi 27 kg nastar selesai pada waktunya. 


 
Bahan :
250  gram  Blue Band Margarin Special
100  gram  Hollman butter 
200  gram  Gula tepung
   3  butir   kuning telor
   3  sdm    Susu bubuk full cream
600  gram  tepung protein rendah / sedang
   
Isian  :
   4  buah   Nenas ( ukuran besar, kupas, cuci bersih, parut agak kasar )
250  gram  Gula pasir ( krg lebih, sesuai selera manisnya )
   1  sdt     Cengkeh
   2  btg     Kayu manis

Olesan :
   1  btr     kuning telor
   1  tetes  pewarna ( warna kuning telor )

Cara membuat :
  • Mixer margarin, butter, gula tepung, kuning telor dan susu bubuk  hingga lembut dan tercampur rata ( jgn terlalu lama sekali )
  • Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kayu
  • Bila adonan sudah terlihat dapat dipulung tdk lengket, hentikan penuangan tepung.
  • Adonan siap diisi dengan selai nanas atau sesuai selera
  • Isian : campur semua bahan masak menggunakan api sedang, sampai air nanas hampir habis. lanjutkan menggunakan api kecil sampai selai benar benar kering.
  • Setelah semua sudah selesai, oven menggunakan api kecil sekitar 140 derajat, setengah matang olesi dengan kuning telor, oven lagi hingga matang kuning keemasan.


Senin, 10 September 2012

Cupcakes Bola Mania

Cup Cakes yang di hias memakai edible lambang sepak bola, covernya memakai fondant




ini cupcakes pesennya mendadak banget, pesanan anak SMA buat cowoknya yang kebetulan bola mania. Tadinya minta di hias pakai fondant yg berbau bola. berhubung kerjaan numpuk ga bakal ada waktu ( pesan lewat bm sore hari buat besok pagi nya ) apalagi malamnya diriku harus ke Surabaya, akhirnya setelah dirayu2 daripada ga sama sekali, mau juga anaknya ditawarin pakai edible punya jagoan ku ( untung masih ada lebihan ) hehehe alhasil jadilah macam diatas tuh. cake nya numpang adonan tart edible, jadi ga puyeng2 banget.

Edible Tart for caca

Pesanan Tart Ulang Tahun perdana,setelah bulan puasa full dengan orderan kukis, dilanjut orderan masakan setelah Idul Fitri
Cakenya tetap memakai sponge cake coklat 2 lapis, butter creamnya pakai yang agak spesial, kebetulan sewaktu mudik ke kota Malang sempat menjarah toko bahan kue, jadi masih punya stok Merry Whip