Kamis, 29 November 2012

Donat Topping

Donat memang camilan yang ga pernah ngebosenin. Biarpun di makan polosan maupun di beri berbagai topping. ini salah satu donat yang disuka konsumen. Donat kampung tapi kelembutan nya ga beda jauh sama donat kota. hehehe. 
Banyak yang tanya resepnya, boleh deh contek di sini :




BAHAN ; untuk 1 resep
600 gram tepung cakra
400 gram tepung segitiga
  12 gram pengembang ( yeast / fermipan )
  50 gram susu bubuk full cream
120 gram gula pasir
    4 butir kuning telor
 520 cc    air es / susu cair dingin
 110 gram butter
  15 gram garam

CARA BUAT ;

- campur bahan kering kecuali garam,margarin tuang telor uleni hingga tercampur.
- tuang air sedikit demi sedikit sambil adonan trus diuleni,
-terakhir masukkan butter dan garam uleni terus hingga adonan kalis. tidak lengket ditangan. dan bila ditarik adonan akan molor elastis. tidak putus.
- istirahatkan adonan hingga mengembang 1 x. timbang sesuai selera, bentuk bulat, diamkan lagi hingga kembang 2 x. siap di goreng.
- panaskan wajan isi dengan minyak banyak, apabila minyak sudah hangat kecilkan api goreng adonan ( minyak jangan terlalu panas )
- jangan sering di bolak balik karna akan menyerap minyak banyak.
- dinginkan di rak atau alas kertas roti. setelah dingin siap hias sesuai selera
 
* apabila tidak ada mixer khusus roti, buat 1/4 atau 1/2 resep dulu agar maksimal. kecuali lengan baja, monggo-monggo aza.
* adonan mau diisi langsung ama raghout,keju,coklat, bisa juga baru di goreng. atau di oven up to you. 
* ukuran yang kupake masing2 donat 25 gram jadi rada imut kyk yang bikin. hehehehhehe

Selasa, 27 November 2012

Bubur Syura


Bubur Syura / Bubur Suro biasanya di buat pada waktu memperingati Tahun Baru Islam ( 1 Muharram ) pastinya aku kurang paham. Karena dari aku kecil setiap bapak aku ndalang untuk ruwatan pasti ibuku selalu buat ini bubur setiap tahunnya,jadinya kebawa sampai aku sudah berkeluarga juga tiap bulan suro buat ini bubur. bukan ritualnya sih, tapi memang enak, gurih. isinya aja sudah mengundang selera. 







 Tuh betulkan, bener bener mengundang selera isinya. Ada opor ayam, perkedel kentang, dendeng sapi, kacang tanah goreng, irisan telor dadar.



Bahan Bubur ;
500  gram Beras
    1  ltr.   Santan kental 
 1/4  btr   Kelapa muda (ptg kecil2 atau parut kasar)

Cara membuat ;
- Cuci bersih beras, masak dengan 1 liter air biasa sampai lembek
- masukkan potongan kelapa muda, santan kental.
- Masak lagi hingga jadi bubur yang lembut.
- Kalo masih kurang lembek bisa ditambahkan air lagi.
Bahan OPOR AYAM ;
1/2 kg.  daging ayam (dada)
   2 ltr.  santan ( 1 ltr santan encer, 1 ltr santan kental )
   4 lbr  daun salam
   2 btg sereh
   6 Lbr. Daun jeruk (buang tulangnya)
Haluskan ;
   6 btr  bawang merah
   6 btr  bawang putih
   1 sdm ketumbar
Sckp garam, gula
   1 sdt. jinten
Cara membuat ;
- tumis bumbu halus+sereh+salam+daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam beri santan encer, masak hingga ayam setengah matang.
- tuang santan kental. Masak hingga matang
Pelengkap ;
Perkedel kentang (sdh tau semua kan bahannya, buat bulat kecil2),
telor dadar (ptg tipis tipis)
Dendeng sapi (rendam kemudian goreng, ptg kotak2)
Kacang Tanah (goreng, yg ada kulitnya)
Cabe merah besar, seledri (untuk hiasan)
Penyajian :
- Taruh bubur ∂i mangkok, beri kuah opor dan ayam yang sudah disuwir suwir.
- tambahkan bbrp perkedel bola
- beri potongan dendeng
- taburi kacang tanah goreng
- beri irisan telor dadar.
- hias dengan irisan cabe merah dan potongan seledri.
- siap dihidangkan.
Biar ga lagi Tahun Baru Islam juga enak dibikin.

Donat Keju dan Coklat

Pesanan teman baik di fb yang sekota denganku, untuk acara tasyakuran Khitan putra beliau. 200 donat mini (170 bh donat keju dan 30 bh donat mix)
kalau biasanya ada pesanan donat diatas 100 biji masih bisa nyantai ngerjainnya langsung ngulen adonan 1x. yang ini betul2 harus kerja cepat. kebetulan cuaca Mojokerto lagi panas2 nya, jadi nih adonan cepet banget ngembangnya. otomatis harus kerja dobel, giles adonan, sambil goreng yang sudah ngembang duluan.Padahal ngulen adonan juga sudah aku bagi jadi 4x ternyata masih kalah dengan panasnya cuaca. heheheh alhasil bentuknya jadi kurang memuaskan karena terlalu over. Cuma untuk tekstur dan rasa masih tetap lembut. Makasih tuk mbak Dida Racmadiah yang juga bakul kue buat pesanannya.





Resepnya bisa dilihat di : http://arbysrumahkue.blogspot.com/2012/donat-topping.html

Rainbow Fondant Bdck For Kieva


lagi lagi konsumen yang penasaran dengan rainbow cake. Pesanan Ibu Febri ( GM nya Tupperware Mojokerto ) untuk ultah putri ke duanya Kieva yang genap berusia 1 tahun. 
Fondantnya minta yang ga terlalu tebel juga ga terlalu rame, juga yang ga boleh lupa minta ada tulisan ASI-S2. yang artinya si Kieva sudah lulus asi tanpa formula tahap kedua sampai usia 1 thn. hehehe lucu juga ya sekarang ada istilah nya macam kuliah.








Nasi Pandan Gurih Ala Bento


Yang lagi ngeboom dari Arbys Rumah Kue, banyak konsumen yang penasaran dengan nasi pandan gurih, sebetulnya sama aja dengan nasi kuning, hanya kunyitnya aku ganti dengan air pandan warna. Kali ini lauknya bakmi goreng, ayam goreng tepung, perkedel kentang yg dibentuk lucu2 plus irisan dadar telor.  Ini pesanan mbak Dina juga untuk ultah putrinya Kiren yang ke dua. berhubung stok nori lagi habis, jadinya tuh bebek ga punya mata. heheheh






Rainbow Fondant Bdck For Kiren


  Lama juga ga duduk manis di terasku ya.Tart Ulang Tahun orderan pertama kalinya memakai base rainbow cake dan dekor full fondant. cukup puyeng juga, maklum bakul kuenya bakul era 80an. Kalau rainbow cake nya sih ga bikin puyeng, karna aku tetep pake adonan sponge cake yang selalu aku pakai buat base tart. Dekornya fondantnya yang bikin cenut cenut, biar keliatan simple, tapi klo untuk bakul yang spesialisnya ga main fondant cukup berat juga. mending disuruh ngerjain 500 snack box. heheheh. tapi Alhamdulillah yang pesen nekad dan baru kenal lewat bbm tanpa pernah jumpa cukup puas sekali. yang ultah juga seneng temen2nya juga. Beliau ga hanya pesen nih kue tapi juga kue buat suguhan green tea tabur keju, juga nasi box pandan gurih. Maturnuwun ya mbak Dina buat kepercayaannya. 







Sabtu, 13 Oktober 2012

Nasi Pandan Gurih


Pesanan salah satu konsumen setia, 30 pax nasi pandan gurih. Dengan menu yang sederhana bihun jagung jamur, ayam goreng ukep, kering tempe, dan perkedel kentang.
Gara gara lihat foto nasi kuning yg aku bentuk pakai cetakan bebek dan perkedel bentuk mobil jadi pengen juga seperti itu, padahal nih nasi buat ibu ibu arisan. heheheeh, jadilah bentuk bola setengah lingkaran dan hati untuk nasinya, dan bunga untuk perkedelnya. Alhamdulillah yang pesen puas, dan tamunya byk yg sms pengen pesen nasi ijo kalo ada acara. Makasih ya ibu ibu.




Bagus juga deh kalo dijadiin tumpeng imut. 

Cupcakes set


CupCakes sederhana buat konsumen yg kebetulan besdey ke 17 tahun, maunya sederhana aja, ga terlalu banyak ornamen. ( Alhamdulillah banget ya, orang bakulnya juga ga pakar klo disuruh main fondant. heheheh ) pengennya cover cupcakes nya serba merah plus abu abu.
Happy Birthday Shelly / Ices




Sabtu, 29 September 2012

Pukis tape kismis




Almond Blueberry Cookies


Kukis yang lembut, renyah, prul di mulut. perpaduan dari bubuk almond yang diberi topping blueberry jam, jadi incaran konsumen tahun ini, buat diicip.



Cornflakes Cookies


Masih dengan pesanan kukis kukis di di Hari Raya Idul Fitri. Cornflakes keju yang crunchy banget tetapi tetap lembut, perpaduan cereal jagung, keju edam juga butter hollman bener bener bikin ketagihan buat nyomot terus





Butter Cookies Nenas

Butter cookies nenas, kukis sederhana tetapi mempunyai aroma butter lebih kuat dari kukis lainnya. Pemakaian kuning telornya pun lebih banyak. Dengan topping selai nenas menjadi makin cantik.
Orderan tahun lalu yang lumayan banyak juga dipesan konsumen.



Selasa, 18 September 2012

Soes isi Slaghroom


Spesial orderan , kue sus atau yang biasa di bilang choux pastry, aku buat dengan 2 warna dan rasa, satu memakai vanili satu lagi pakai pasta coklat.
isinya juga pakai vla spesial ( campuran pastry cream dengan whippy )


Adonan Sus setelah dicetak memakai piping bag dengan spuit kerang

 Kue Sus setelah matang, tinggal diisi

Hasil setelah diisi



Bahan Soes : ( +/- 50 buah uk. sedang )
500  cc    air matang
200  gr     butter
   1  sdm  gula pasir
   1  sdt   garam
   3  sdm  susu bubuk
   2  sdm  pasta coklat
   2  sdm  essence vanili
   1  sdt    kopi instant
260  gr     tepung protein sedang
   8  btr    telor ukuran sedang

Cara Membuat :
- jerang air, masukkan butter, gula, garam, susu bubuk, aduk rata sampai mendidih.
- kecilkan api, masukkan tepung, aduk rata hingga kalis dan adonan tidak menempel lagi di panci, matikan api. diamkan adonan hingga hangat
- setelah adonan hangat masukkan telor satu persatu sambil dimixer dengan kecepatan sedang hingga semua tercampur rata dan lembut
- Bagi adonan menjadi 2, satu beri ess vanili, satu lagi beri pasta coklat
- panaskan oven dengan suhu 190 derajat.
- oles loyang dengan margarin, tuang adonan coklat dan kuning dalam satu piping bag , cetak sesuai selera.
- panggang hingga matang

Bahan Slaghroom :
    1 klg    susu envaporated ( aq pake F&N )
    8 sdm  tepung custard ( larutkan dengan air secukupnya )
 200 gram gula pasir ( bisa kurang bisa lebih )
   3  btr    kuning telor ( kocok lepas )
Rhum Bakar atau Rhum Semprot Toffieco (TERGANTUNG SUKA ATAU TIDAK - BUKAN SUATU KEHARUSAN)
100 gram  whipped cream + 200 cc  air es ( kocok hingga kaku ) 

Cara membuat  :
- masak susu dan gula, aduk aduk agar tidak gosong, 
- masukkan larutan tepung custard, aduk kembali hingga mengental. matikan api
- masukkan kocokan kuning telor aduk aduk biar tercampur rata. setelah dingin beri dengan ess rhum.
- campur jadi satu whipped cream kocok dengan vla yg sudah dingin. mixer kembali hingga lembut. siap diisikan.



Selasa, 11 September 2012

Kaastengels Klasik

lagi lagi kue klasik yang selalu dipesan tiap tahunnya. Tahun ini sengaja ga buat yg murni memakai wisjman ( kecuali permintaan konsumen yang sudah setia pesan tiap tahun ) tapi tetep lembut biar adonan nya di mix. Akhirnya 20 kg kaastengels terkirim dengan sukses

Udah ga sempet mau foto kukis lagi kalo dah kerja rodi, yang inget ya pas foto di loyang. Mau nya cepet dingin, cepet dikemas, cepet diambil yg pesen, biar bersih lagi dapurnya klo mau kerja rodi lagi. heheheh

 Yang ini arsip tahun kemarin, tapi intinya sama kan, tetep kaastengels.

kaastengels model coin, tapi banyakkan suka yang string sih, kali lebih ramping ya. heheheh


Bahan  :
250  gram  Margarin Blue Band Special
100  gram  Hollman butter
150  gram  Keju Eidamer ( keju bola, parut kasar )
   3  butir   Kuning telor
600  gram  Tepung protein sedang atau rendah

Olesan  :
   1  butir   Kuning telor 
   1  tetes  Pewarna ( warna kuning telor )

Taburan  :
 50  gram   Keju cheddar ( parut kasar )
                atau bisa juga memakai kacang mede 

Cara Membuat  :
  • Campur semua bahan kukis jadi satu, mixer hingga tercampur rata. (jangan terlalu lama)
  • Tuang tepung sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu jangan terlalu kuat agar hasil tidak keras.
  • cetak sesuai bentuk yang dimau, oven menggunakan suhu 14o derajat, hingga setengah matang, keluarkan dari oven olesi dengan kuning telor, taburi keju, oven kembali hingga matang    

Nastar Klasik



Pastinya ini kukis tidak asing lagi di lidah semua orang, kukis yang harus ada di meja kayaknya nih kalau tiap Lebaran. Tahun ini sengaja aku gak terima banyak macam kukis, cuma 4 macam aja yang aku buat (maklum asistennya cuma 10 jari). Alhamdulillah biar sedikit kerja rodi 27 kg nastar selesai pada waktunya. 


 
Bahan :
250  gram  Blue Band Margarin Special
100  gram  Hollman butter 
200  gram  Gula tepung
   3  butir   kuning telor
   3  sdm    Susu bubuk full cream
600  gram  tepung protein rendah / sedang
   
Isian  :
   4  buah   Nenas ( ukuran besar, kupas, cuci bersih, parut agak kasar )
250  gram  Gula pasir ( krg lebih, sesuai selera manisnya )
   1  sdt     Cengkeh
   2  btg     Kayu manis

Olesan :
   1  btr     kuning telor
   1  tetes  pewarna ( warna kuning telor )

Cara membuat :
  • Mixer margarin, butter, gula tepung, kuning telor dan susu bubuk  hingga lembut dan tercampur rata ( jgn terlalu lama sekali )
  • Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok kayu
  • Bila adonan sudah terlihat dapat dipulung tdk lengket, hentikan penuangan tepung.
  • Adonan siap diisi dengan selai nanas atau sesuai selera
  • Isian : campur semua bahan masak menggunakan api sedang, sampai air nanas hampir habis. lanjutkan menggunakan api kecil sampai selai benar benar kering.
  • Setelah semua sudah selesai, oven menggunakan api kecil sekitar 140 derajat, setengah matang olesi dengan kuning telor, oven lagi hingga matang kuning keemasan.


Senin, 10 September 2012

Cupcakes Bola Mania

Cup Cakes yang di hias memakai edible lambang sepak bola, covernya memakai fondant




ini cupcakes pesennya mendadak banget, pesanan anak SMA buat cowoknya yang kebetulan bola mania. Tadinya minta di hias pakai fondant yg berbau bola. berhubung kerjaan numpuk ga bakal ada waktu ( pesan lewat bm sore hari buat besok pagi nya ) apalagi malamnya diriku harus ke Surabaya, akhirnya setelah dirayu2 daripada ga sama sekali, mau juga anaknya ditawarin pakai edible punya jagoan ku ( untung masih ada lebihan ) hehehe alhasil jadilah macam diatas tuh. cake nya numpang adonan tart edible, jadi ga puyeng2 banget.

Edible Tart for caca

Pesanan Tart Ulang Tahun perdana,setelah bulan puasa full dengan orderan kukis, dilanjut orderan masakan setelah Idul Fitri
Cakenya tetap memakai sponge cake coklat 2 lapis, butter creamnya pakai yang agak spesial, kebetulan sewaktu mudik ke kota Malang sempat menjarah toko bahan kue, jadi masih punya stok Merry Whip




 

Sabtu, 11 Agustus 2012

Sayur Asem - Menu Prasmanan

Masih satu rangkaian dengan nasi kotak untuk buka bersama anak Yatim piatu.  Kalau yang ini dipesan untuk buka puasa bersama keluarga. Paket prasmanan untuk 30 porsi, antara lain : Nasi putih, sayur asem jakarta, ikan mujair goreng, telor dadar sayuran, tempe bacem, pepes tahu, sambal bajak dan lalapan.



Nasi Kotak Untuk Buka Puasa

Pesanan salah satu konsumen untuk acara buka puasa bersama anak Yatim Piatu. 50 kotak nasi putih dengan lauk pauk ayam goreng, cah sayur, bakmi goreng, perkedel, krupuk udang. Alhamdulillah biarpun lagi puasa semua masakannya ga mengecewakan kata yang pesan loh, serba pas.




Tart For Anna


Pesanan konsumen buat surprise sahabat tercinta, karna yang berulang tahun sudah berumur jadi dekornya aku buat minimalis, juga ga terlalu banyak pemakaian buttercream


Jumat, 27 Juli 2012

Tart Shazia


Pesanan konsumen baru, buat ulang tahun putri pertama beliau yang ke 1 tahun. penasaran juga dengan yang namanya edible tart. untung waktu pesannya ga terlalu mepet. jadi masih bisa bolak balik edit fotonya, pastinya juga masih ada waktu untuk pengiriman pesan ediblenya. Base cakenya aku pakai sponge cake 2 lapis, mocca dan coklat. 



Menu Prasmanan Tradisional

Ini juga salah satu pesanan untuk makan pagi kunjungan walikota dan wakil walikota Mojokerto. Menu sederhana tapi cukup menggiurkan kalau aku bilang, heheheheh.....ga ada kecap no 2 ya. 



jangan lihat dinding rumah orang yang dipinjem terasnya ya, hehheh....tapi lihat menunya pasti pada lapar semua. Ada urap urap sayuran, kotokan tahu tempe, ayam panggang bumbu rujak, rempah daging cincang, rempeyek kacang tanah 

Yang ada di teko itu wedang bandrek, minuman jahe yang diberi rempah rempah.

Jajan Pasar


Jajan pasar untuk menyambut kedatangan Bpk dan Ibu Walikota Mojokerto juga Bpk dan Ibu Wakil Walikota, pada acara Gerakan 60 menit pemberantasan sarang nyamuk. atau ngetop nya di kota q yaitu PSN ( Pemberantasan Sarang Nyamuk ) kalau tadinya pengurus dari kota minta dibuatin kue kotakan isi 4 macam plus air mineral, aku pikir sudah biasa ya pejabat makan snack box, untung waktu aku tawarin jajan pasar beliau beliau mau mencoba. alhamdulillah ternyata responnya semua suka, plus tambahan komen dari bpk walikota, selama keliling kegiatan PSN tidak pernah menjumpai suguhan seperti ini. lebih senang lagi ibu walikota juga ibu wawali minta untuk dibawa pulang. eehhhmmmm....capeknya begadang jadi hilang.






Ini jajan pasar terdiri dari : 
  • Lopis ( terbuat dari beras ketan putih yang direbus krg lebih 3-4 jam )
  • Cenil ( terbuat dari tepung kanji yang diulen dengan air panas, kemudian di pulung di rebus hingga matang/terapung )
  • Sawut ( terbuat dari singkong yang diparut kasar diurap dengan sisiran gula merah, kemudian dikukus hingga matang )
  • Ijo ijo ( namanya yang aku tahu memang itu sih, terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan air seperti membuat bubur sumsum tetapi padat, kemudian dituang dalam loyang yg sudah dialasi daun/plastik dioles minyak goreng, kemudian dikukus hingga matang 
  • Penyajiannya : menggunakan kelapa muda yang diparut kasar/singgat dan di beri kicir gula merah.