Jumat, 15 Maret 2013

Varian Puff Pastry

Banyak teman teman yang maju mundur buat coba bikin nih adonan puff sendiri. Alhasil lebih suka beli yang udah jadi, padahal klo buat sendiri aroma akan lebih gurih terasa. kadang mereka takut pegel, takut gagal, juga takut ga bisa berbuku banyak. sebetulnya adonan puff pastry ini gampang sekali dibuat. apalagi dijaman yang serba modern ini semakin berkembang bahan kue yang ada. salah satunya si korsvet inti dari pembuatan adonan puff pastry. kalo jaman jadul kita masih harus menggunakan pakem cara melipat dan memasukkan ke dalam kulkas berulang kali. Untuk kali ini aku buat tanpa memakai aturan dan tanpa masuk kulkas ( karna memang lagi full orderan biar menghemat waktu aku buatnya kilat untuk setor pr bulanan LBT grup baking di fb. Intinya kita tetap memakai sejenis korsvet yang biasa disebut pastry margarin
  





Bahan ;
450 gram  tepung cakra ( tepung protein tinggi )
    1 sdm. Gula pasir
    1 sdt.   Garam
    1 btr.   Telor utuh
  75 gram  Margarin/butter
175 cc.     Air es
250 gram. PASTRY MARGARIN (aq pake merk buillon atau australia)

Filling :
sesuai selera yang di foto aku beri isian blueberry selai, krimcis bc, keju, sosis 

STEP BY STEP :
Langkah 1 
campur semua adonan kering. Masukkan telor dan air sedikit demi sedikit. Terakhir masuk margarin ulenin hingga adonan tidak menempel di tangan, bila masih lengket tambah tepung sedikit sampai tidak lengket.
bungkus dengan kain serbet masukkan dalam kulkas kira-kira 15 menit.
Langkah 2
-bila adonan sudah sedikit beku keluarkan dari kulkas.
-gilas beberapa kali sampai lebar dengan sedikit dikit ditaburi tepung.
Langkah 3
-beri PASTRY MARGARIN hingga merata
Langkah 4
-Lipat bagian atas bawah menyerupai amplop untuk hasil akhirnya
Langkah 5
-setelah jadi amplop, gilas lagi hingga melebar dengan arah yang sama. (cara mengilas berpindah pindah tetapi posisi adonan tetap)
-lipat lagi sisi kanan dan kiri
 
Langkah 6
- gilas lagi seperti langkah 5. Dengan posisi sama, agar pastry margarin merata.
Langkah 7
- gulung adonan puff pastry. Bungkus dengan kain serbet. Simpan di  kulkas. Kurang lebih 15 mnt.
-setelah itu adonan puff siap di gunakan.
 
Langkah 8
Hasil puff pastry setelah disimpan. Terlihat lapisan lapisan lemak yang akan membuat adonan menjadi berbuku buku atau berlapis  bila di oven
Langkah 9
-adonan di gilas smp hampir rata sisinya agar tidak banyak yang terbuang.
-untuk menghasilkan puff pastry yang bener benar berbuku ketebalan adonan kira kira 1/2cm.
-baru dipotong dgn bentuk sesuai selera.
Langkah 10
Bila akan memotong bagian pinggirnya harus dipotong / dirapikan terlebih dahulu, karena tidak akan terbentuk bukunya kalo tidak dipotong.
-sisa pinggiran jgn di campur/diulen lagi. tidak akan berlapis banyak
-lebih baik sisa sisa potongan langsung ditaruh loyang diolesin kuning telor taburi gula atau keju.
Langkah 11
-bentuk kulit pastry dan isi sesuai selera, rekatkan dengan menggunakan air biasa bila membentuk lipatan.
-tata di loyang, tidak perlu di semir margarin. beri jarak agar bila mengembang tidak menempel satu sama lainnya. 
Langkah 12
-panaskan oven dengan suhu umumnya sekitar 180 atau 190 derajat.
-panggang kulit pastry hingga mengembang berbuku dan berwarna kuning kecoklatan.

*bisa juga memakai KORVET warnanya putih seperti mentega pth, hasilnya juga bagus tapi agak kurang enak di langit langit mulut , cara buatnya pun lebih memakan waktu  lama  harus bolak balik masuk kulkas. Cara melipatnya pun lebih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar