Kamis, 12 April 2012

Makaroni Bolognese


Pesanan untuk pesta kebun ulang tahun abg umur 16, tadinya mau pesen lasagna, berhubung budged yang dikasih minim banget, aku coba tawarin makaroni ini, soalnya di menu udah ada bakmi goreng nya, ga mungkin aku tawarin spaghetti. jadilah si makaroni bolognese ini, 70 porsi. Lumayan masih bisa ikutan icip buat sekeluarga, enak juga loh




Yang bawah nih porsi yang dipesan buat party sebanyak 70 cup, kalo langsung dijadiin satu ga menarik lagi, bakal diberantakin yang ambil duluan.


Bahan  : ( untuk 5 porsi )
500  gram  makaroni ( bentuk terserah )
100  gram  keju cheddar --> parut

Bolognese :
300  gram  daging sapi giling
   5  buah   sosis sapi / ayam --> iris iris 
   1  buah   bawang bombay --> iris memanjang
  10 buah   baso sapi --> potong potong
   6  sdm    sauce bolognese
   4  sdm    sauce tomat botol
   1  sdm    garam halus
   1  sdm    merica halus
   1  sdt     pala bubuk
   2  sdm    gula pasir
   1  sdt     thyme
   1  sdt     oregano
   2  sdm    margarin

Cara membuat  :
  • Jerang air kira kira 1,5 liter beri sedikit garam dan minyak goreng.
  • setelah mendidih masukkan makaroni, rebus hingga makaroni agak lunak, jangan sampe terlalu lunak. setelah matang saring tanpa perlu disiram air dingin, agar makaroni menjadi matang sempurna.
  • Bolognese : tumis daging giling dengan margarin, masukkan saus bolognese, saus tomat, garam, gula, merica, pala, thyme, oregano aduk hingga tercampur rata, beri sedikit air, masak hingga daging setengah matang
  • masukkan irisan bawang bombay, baso dan sosis, aduk rata masak hingga matang semua, dan rasa sudah pas
  • tata makaroni di piring saji, tuang atasnya dengan daging bolognese taburi dengan keju parut.

 * kalau tidak ada thyme dan oregano bisa di skip
 * biasanya aku buat bumbu bolognese sendiri, buat mengirit waktu dan bea, sekarang udah ada beberap merk yang mengeluarkan produk saus bolognese.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar